Wulandari, Rani Arum (2012) Penggunaan Active Knowledge Sharing Dengan Mengoptimalkan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Pada Kubus Dan Balok ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gondang Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (226kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan penggunaan Active Knowledge Sharing dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep luas dan volume pada kubus dan balok. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VIII B, yang dilaksanakan dalam 2 putaran. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VIII B SMP Negeri 2 Gondang sebagai pemberi tindakan, serta siswa kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif memakai metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) adanya peningkatan kreatifitas siswa dalam memanipulasi sarana pembelajaran dari sebelum tindakan 6,7% dan akhir tindakan 60%; 2) adanya peningkatan kemampuan menggunakan model metematisasi dari sebelum tindakan 6,7% dan akhir tindakan 63,3%; 3) adanya peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan masalah dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 76,7%; dan 4) adanya peningkatan kemampuan dalam membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 93,3%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Active Knowledge Sharing,media pembelajaran,barang bekas,pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2012 06:51 |
Last Modified: | 15 Aug 2012 06:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19619 |
Actions (login required)
View Item |