Purnomo, Afid (2012) Efektifitas Metode Kumon Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3_File_Halaman_Depan.pdf Download (279kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4_File_BAB_1.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Bab II)
5_File_BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab III)
6_File_BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
7_File_BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab V)
8_File_BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2_Naskah_Publikasi_kumon.pdf Download (139kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi segitiga melalui metode kumon pada siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan metode kumon yang dilaksanakan dalam III siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator prestasi belajar meliputi: 1) menjawab dan mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 6,7%, siklus I 18,5%, siklus II 27,5%, dan di akhir tindakan 37,9%, 2) mengkonstruksi soal ke dalam model matematika sebelum tindakan 53,3%, siklus I 66,7%, siklus II 79,3%, dan di akhir tindakan 93,1%, 3) menggunakan rumus secara tepat sebelum tindakan 36,7%, siklus I 55,6%, siklus II 65,5%, dan di akhir tindakan 89,7%, 4) melakukan perhitungan secara tepat sebelum tindakan 23,3%, siklus I 40,7%, siklus II 55,2%, dan di akhir tindakan 82,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui metode kumon dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode kumon, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2012 05:46 |
Last Modified: | 15 Aug 2012 05:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19615 |
Actions (login required)
View Item |