Efektifitas Metode Kumon Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)

Purnomo, Afid (2012) Efektifitas Metode Kumon Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3_File_Halaman_Depan.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4_File_BAB_1.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
5_File_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
6_File_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
7_File_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
8_File_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2_Naskah_Publikasi_kumon.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi segitiga melalui metode kumon pada siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan metode kumon yang dilaksanakan dalam III siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator prestasi belajar meliputi: 1) menjawab dan mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 6,7%, siklus I 18,5%, siklus II 27,5%, dan di akhir tindakan 37,9%, 2) mengkonstruksi soal ke dalam model matematika sebelum tindakan 53,3%, siklus I 66,7%, siklus II 79,3%, dan di akhir tindakan 93,1%, 3) menggunakan rumus secara tepat sebelum tindakan 36,7%, siklus I 55,6%, siklus II 65,5%, dan di akhir tindakan 89,7%, 4) melakukan perhitungan secara tepat sebelum tindakan 23,3%, siklus I 40,7%, siklus II 55,2%, dan di akhir tindakan 82,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui metode kumon dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode kumon, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 Aug 2012 05:46
Last Modified: 15 Aug 2012 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19615

Actions (login required)

View Item View Item