Margarani, Astuti (2012) Peningkatan Kemampuan Menyusun Kosakata Dasar Menjadi Paragraf Deskripsi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas I SD Negeri I Keposong. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (711kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (298kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
PDF (Bba IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (525kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis kosakata dasar menjadi paragraf deskripsi pada siswa kelas I SD Negeri I Keposong Boyolali, (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaraan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas I SD Negeri I Keposong Boyolali. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek dalam penelitian ini adalah Pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menyusun kosakata dasar menjadi paragraf deskripsi pada siswa kelas I SD Negeri I Keposong. Data dalam penelitian ini berupa hasil dari pemanfaatan media gambar yang diterapkan pada peserta didik kelas I SD Negeri I Keposong. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis struktur dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas I SD Negeri I Keposong. Implikasi dari kesimpulan diatas adalah penerapan media gambar harus mengkondisikan siswa untuk menyusun kosakata dasar menjadi paragraf deskripsi. Penerapan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan tempat, objek, situasi, dan aktifitas objek. Penerapan media gambar terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei 2012.Peningkatan kemampuan menyusun kosakata dasar menjadi paragraf deskripsi pada peserta didik kelas I SD Negeri I Keposong melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II mengalami peningkatan kualitas pembelajaran menulis deskripsi pada siklus I dan siklus II yang terbukti dengan tercapainya semua indikator pembelajaran yang telah direncanakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kosakata dasar, deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Aug 2012 05:52 |
Last Modified: | 13 Aug 2012 05:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19587 |
Actions (login required)
View Item |