Peningkatan Kemampuan Menyusun Kosakata Dasar Menjadi Paragraf Deskripsi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas I SD Negeri I Keposong

Margarani, Astuti (2012) Peningkatan Kemampuan Menyusun Kosakata Dasar Menjadi Paragraf Deskripsi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas I SD Negeri I Keposong. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (711kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bba IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (525kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis kosakata dasar menjadi paragraf deskripsi pada siswa kelas I SD Negeri I Keposong Boyolali, (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaraan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas I SD Negeri I Keposong Boyolali. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek dalam penelitian ini adalah Pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menyusun kosakata dasar menjadi paragraf deskripsi pada siswa kelas I SD Negeri I Keposong. Data dalam penelitian ini berupa hasil dari pemanfaatan media gambar yang diterapkan pada peserta didik kelas I SD Negeri I Keposong. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis struktur dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas I SD Negeri I Keposong. Implikasi dari kesimpulan diatas adalah penerapan media gambar harus mengkondisikan siswa untuk menyusun kosakata dasar menjadi paragraf deskripsi. Penerapan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan tempat, objek, situasi, dan aktifitas objek. Penerapan media gambar terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei 2012.Peningkatan kemampuan menyusun kosakata dasar menjadi paragraf deskripsi pada peserta didik kelas I SD Negeri I Keposong melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II mengalami peningkatan kualitas pembelajaran menulis deskripsi pada siklus I dan siklus II yang terbukti dengan tercapainya semua indikator pembelajaran yang telah direncanakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kosakata dasar, deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Aug 2012 05:52
Last Modified: 13 Aug 2012 05:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19587

Actions (login required)

View Item View Item