Nurul Fatimah, Nurul Fatimah (2012) Pembelajaran Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Pendekatan Quantum Writing Siswa Kelas VII A Di SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (645kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Karya_Ilmiah.pdf Download (276kB) |
Abstract
sangat kompleks. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) yang dikuasai oleh siswa SMP kelas VII adalah menulis pengalaman pribadi (KD 4.1, Silabus SMP). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa yang mengajarkan Bahasa Indonesia di kelas VII, atau guru Bahasa Indonesia ketika mendapat tugas mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Dirasakan, bahwa hasil kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa belum memperoleh hasil yang memuaskan. Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa. Pertama, masih banyak siswa yang kesulitan dalam menentukan ide. Kedua, masih banyak siswa yang belum mampu mengorganisasikan ide/mengembangkan gagasan. Dan ketiga, masih banyak siswa pada saat menulis belum menerapkan ejaan dan tanda baca yang benar. Berdasarkan uraian di atas, peneliti akan meneliti masalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Setelah mendapat pembelajaran dengan pendekatan quantum writing dan perubahan persepsi dan kesan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukohajo tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 42 siswa, terdiri atas 24 perempuan dan 18 laki-laki. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes keterampilan menulis pengalaman pribadi, setelah diadakan pembelajaran melalui pendekatan quantum writing. Teknik nontes berupa data perilaku siswa dari observasi, wawancar, dan jurnal. Berdasarkan temuan data hasil penelitian: 1. Penggunaan pendekatan quantum writing meningkatkan keterampilan menulis penglaman pribadi bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012, sebesar 9,81% dari siklus 1 ke siklus 2 kenaikkannya pratindakan ke siklus 1 sebesar 19,98%. 2. Adanya perubahan persepsi dan kesan ke arah yang positif siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012, setelah diadakan pembelajaran dengan pendekatan quantum writing. Perubahan persepsi dan kesan ini dapat dibuktikan dari hasil dats nontes.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran menulis, pengalaman pribadi, dan pendekatan quantum writing. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 09:39 |
Last Modified: | 10 Aug 2012 09:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19568 |
Actions (login required)
View Item |