Pembelajaran Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Pendekatan Quantum Writing Siswa Kelas VII A Di SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Nurul Fatimah, Nurul Fatimah (2012) Pembelajaran Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Pendekatan Quantum Writing Siswa Kelas VII A Di SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (645kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Karya_Ilmiah.pdf

Download (276kB)

Abstract

sangat kompleks. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) yang dikuasai oleh siswa SMP kelas VII adalah menulis pengalaman pribadi (KD 4.1, Silabus SMP). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa yang mengajarkan Bahasa Indonesia di kelas VII, atau guru Bahasa Indonesia ketika mendapat tugas mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Dirasakan, bahwa hasil kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa belum memperoleh hasil yang memuaskan. Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa. Pertama, masih banyak siswa yang kesulitan dalam menentukan ide. Kedua, masih banyak siswa yang belum mampu mengorganisasikan ide/mengembangkan gagasan. Dan ketiga, masih banyak siswa pada saat menulis belum menerapkan ejaan dan tanda baca yang benar. Berdasarkan uraian di atas, peneliti akan meneliti masalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Setelah mendapat pembelajaran dengan pendekatan quantum writing dan perubahan persepsi dan kesan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukohajo tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 42 siswa, terdiri atas 24 perempuan dan 18 laki-laki. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes keterampilan menulis pengalaman pribadi, setelah diadakan pembelajaran melalui pendekatan quantum writing. Teknik nontes berupa data perilaku siswa dari observasi, wawancar, dan jurnal. Berdasarkan temuan data hasil penelitian: 1. Penggunaan pendekatan quantum writing meningkatkan keterampilan menulis penglaman pribadi bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012, sebesar 9,81% dari siklus 1 ke siklus 2 kenaikkannya pratindakan ke siklus 1 sebesar 19,98%. 2. Adanya perubahan persepsi dan kesan ke arah yang positif siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012, setelah diadakan pembelajaran dengan pendekatan quantum writing. Perubahan persepsi dan kesan ini dapat dibuktikan dari hasil dats nontes.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis, pengalaman pribadi, dan pendekatan quantum writing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 10 Aug 2012 09:39
Last Modified: 10 Aug 2012 09:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19568

Actions (login required)

View Item View Item