Haryati, Dyah (2012) Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Dikolaborasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (85MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I_SKRIPSI.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB__II_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (111MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (628kB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa Materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 JatipuroKaranganyar yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan tes. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan kostitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar mengalami peningkatan sebesar 75% dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu dari 20 siswa yang tuntas dalam belajar hanya 6 (30%) siswa. setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz pda proses pembelajaran PKn materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama diperoleh hasil yaitu siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 11 (55%) siswa dan siklus II meningkat menjadi 16 (80%) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga dengan penerapan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dapat meningkatkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan diterima kebenaranya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan srategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz akan menyebabkan semakin tinggi pula ketuntasan belajar siswa. Strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz merupakan faktor yang ikut mempengaruhi ketuntasan belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Small Group Discussion, Team Quiz, Ketuntasan belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2012 10:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2012 10:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19560 |
Actions (login required)
View Item |