Peningkatan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Planning For Learning Based Of Instruction (Ptk Pada Siswa Kelas Vii Smp N 2 Sawit Tahun Ajaran 2011/2012)

TRIMINTARUM , LUFVIANA LIKKU (2012) Peningkatan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Planning For Learning Based Of Instruction (Ptk Pada Siswa Kelas Vii Smp N 2 Sawit Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_LUPIE.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_lupie.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_lupie.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_lupie.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_lupie.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA_lupie.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskahPULIKASI.pdf

Download (713kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika dengan strategi planning for learning based of instruction. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP N 2 Sawit yang berjumlah 23 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan kemandirian siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian siswa yang dapat dilihat dari meningkatkan indikator kemandirian siswa: (a) mempelajari materi sendiri, sebelum tindakan 8,68% dan setelah tindakan 65,21% (b) bertanya kepada guru dan menjawab pertanyaan guru, sebelum tindakan 21,73% dan setelah tindakan 73,91% (c) siswa menanggapi saat presentasi kelompok, sebelum tindakan 13,04% dan setelah tindakan 65,21 %. Kesimpulan penelitian ini adalah planning for learning based of instruction mampu meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: planning for learning based of instruction, kemandirian siswa, pembelajaran matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 10:48
Last Modified: 08 Aug 2012 10:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19543

Actions (login required)

View Item View Item