TRIMINTARUM , LUFVIANA LIKKU (2012) Peningkatan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Planning For Learning Based Of Instruction (Ptk Pada Siswa Kelas Vii Smp N 2 Sawit Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_LUPIE.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_lupie.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_lupie.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_lupie.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_lupie.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA_lupie.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
naskahPULIKASI.pdf Download (713kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika dengan strategi planning for learning based of instruction. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP N 2 Sawit yang berjumlah 23 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan kemandirian siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian siswa yang dapat dilihat dari meningkatkan indikator kemandirian siswa: (a) mempelajari materi sendiri, sebelum tindakan 8,68% dan setelah tindakan 65,21% (b) bertanya kepada guru dan menjawab pertanyaan guru, sebelum tindakan 21,73% dan setelah tindakan 73,91% (c) siswa menanggapi saat presentasi kelompok, sebelum tindakan 13,04% dan setelah tindakan 65,21 %. Kesimpulan penelitian ini adalah planning for learning based of instruction mampu meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | planning for learning based of instruction, kemandirian siswa, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 10:48 |
Last Modified: | 08 Aug 2012 10:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19543 |
Actions (login required)
View Item |