Haryanti, Haryanti (2012) Pengaruh Gaya Belajar dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII SMP N 1 Selogiri Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HAlaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (290kB) |
|
|
PDF (BAb I)
BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika, pengaruh yang signifikan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan pengaruh yang sigfnifikan gaya belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII SMP N 1 Selogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Selogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 55 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,123 > 2,01, dengan sumbangan efektif sebesar 6,2%; 2) Ada pengaruh yang signifikan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,757 > 2,01, dengan sumbangan efektif sebesar 11,2%; 3) Ada pengaruh yang signifikan gaya belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda(uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 5,469 > 3,18, dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,174. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,174 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara gaya belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika adalah 17,4% sedangkan 82,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya belajar, kreativitas siswa, prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 06 Aug 2012 11:06 |
Last Modified: | 06 Aug 2012 11:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19481 |
Actions (login required)
View Item |