Fitrianti, Rita (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Base Instruction (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Vii Smp N 1 Jatisrono). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03.Halaman_Depan.pdf Download (586kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.naskah_publikasi.pdf Download (288kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkatkan motivasi belajar matematika melalui strategi problem base instruction. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Jatisrono pada kelas VII G yang berjumlahkan 30 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ada peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar : 1) antusias dalam belajar sebelum dilakukan tindakan sebesar 36,67 % dan sesudah dilakukan tindakan sebesar 93,33%, 2) memberi tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 16,67 % dan sesudah dilakukan tindakan sebesar 76,67%, 3) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 23,33 % dan sesudah dilakukan tindakan sebesar 83,33%, 4) menanyakan yang belum jelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 10 % dan sesudah dilakukan tindakan sebesar 63,33%. Penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan strategi problem base instruction dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, strategi, Problem Base Instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 06 Aug 2012 10:49 |
Last Modified: | 06 Aug 2012 12:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19475 |
Actions (login required)
View Item |