Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Base Instruction (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Vii Smp N 1 Jatisrono)

Fitrianti, Rita (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Base Instruction (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Vii Smp N 1 Jatisrono). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03.Halaman_Depan.pdf

Download (586kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.naskah_publikasi.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkatkan motivasi belajar matematika melalui strategi problem base instruction. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Jatisrono pada kelas VII G yang berjumlahkan 30 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ada peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar : 1) antusias dalam belajar sebelum dilakukan tindakan sebesar 36,67 % dan sesudah dilakukan tindakan sebesar 93,33%, 2) memberi tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 16,67 % dan sesudah dilakukan tindakan sebesar 76,67%, 3) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 23,33 % dan sesudah dilakukan tindakan sebesar 83,33%, 4) menanyakan yang belum jelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 10 % dan sesudah dilakukan tindakan sebesar 63,33%. Penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan strategi problem base instruction dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, strategi, Problem Base Instruction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Aug 2012 10:49
Last Modified: 06 Aug 2012 12:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19475

Actions (login required)

View Item View Item