Setyoningsih, Dyah Istanti (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Sosiodrama Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaraan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (615kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.doc_dyah.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II_dyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III_dyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV_dyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
PDF (Bab V)
7._bab_V_dyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA_dyah.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._JURNAL.pdf Download (310kB) |
Abstract
Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar melalui penerapan strategi pembelajaran Sosiodrama. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 34 siswa. Data ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis alir. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, dengan indikator kinerja bahwa keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn mengalami peningkatan 73,53% dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat keaktifan dalam proses pembelajaran PKn di kelas VII C SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar, sesuai indikator yang telah ditetapkan, sebelum penerapan strategi pembelajaran Sosiodrama hanya sebanyak delapan siswa (23,53%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui strategi Sosiodrama dalam pembelajaran PKn keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa (47,06%) setelah tindakan direvisi pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa (73,53%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Sosiodrama Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dalam proses Pembelajaran PKn pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Sosiodrama, Keaktifan, Siklus. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 06 Aug 2012 09:47 |
Last Modified: | 06 Aug 2012 09:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19463 |
Actions (login required)
View Item |