Penggunaan Diksi Pada Bahasa Anak Usia 4 Tahun Di Lingkungan Keluarga Melalui Kegiatan Bernyanyi

Wicaksono, Anang (2012) Penggunaan Diksi Pada Bahasa Anak Usia 4 Tahun Di Lingkungan Keluarga Melalui Kegiatan Bernyanyi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (156kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_ILMIAH.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang fonem yang diujarkan anak-anak melalui kegiatan bernyanyi lagu Balonku Ada Lima. Mengkaji bagaimana fonem yang diujarkan dan bagaimana anak–anak usia 4 tahun bisa mengucapkan fonem. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak. Teknik dasar dari metode simak ini berwujud teknik sadap. Selanjutnya, teknik sadap ini diikuti dengan teknik lanjutan yang berupa teknik simak libat cakap yang dilanjutkan dengan teknik rekam dan catat. Pada mulanya percakapan antara penutur dan mitra tutur namun setelah data yang diinginkan keluar kemudian direkam dengan alat rekam. Menyimak bahasa yang digunakan dengan teknik catat. Untuk analisis data menggunakan metode analisis padan. Hasil dari penelitian ini adalah belum semua anak usia 4 tahun mampu mengucapkan seluruh jenis fonem, walaupun juga tidak sedikit anak yang sudah bisa mengucapkan seluruh fonem namun masih keliru dalam pengucapannya itu terjadi karena daya tangkap anak dalam menerima ajaran dari orang tuanya masih lemah, namun kesalahan penggunaan bahasa anak dalam bertutur kata bukan sepenuhnya kesalahan dari anak melainkan bisa juga berasal dari kesalahan orang tua yang memberikan pengajaran anaknya dalam mengucapkan kata-kata, itu terjadi karena keterbatasan pengetahuan orangtua dan penguasaan kosa kata yang masih kurang baik sehingga anak mengikuti apa yang diajarkan oleh orang tuanya dan tidak jarang seorang anak sulit merubah kebiasaan mengucapkan kata-kata yang salah karena sudah terbiasa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diksi, fonem dan bahasa anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 02 Aug 2012 09:16
Last Modified: 02 Aug 2012 09:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19419

Actions (login required)

View Item View Item