Nur Hidayah, Siti Isnaini (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Metode Problem Based Learning Di SMP N 2 Baki Kelas VIII C Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (310kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf Download (238kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan keterampilan menulis naskah drama dengan metode PBL pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri Baki kelas VIII C Tahun Ajaran 2011/2012, dan (2) keaktifan siswa dalam keterampilan menulis naskah drama terhadap penerapan metode PBL dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/2012. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini adalah informasi tentang pembelajaran menulis naskah drama dengan metode PBL dan pengamatan langsung terhadap keaktifan dan keterampilan menulis naskah drama. Sumber data dalam penelitian ini adalah tempat peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis kritis da n teknik komparatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode PBL dapat meningkatkan keaktifan dan keterampilan siswa dalam menulis naskah drama. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I sebesar 60,62% (23 siswa), dan siklus II menjadi 71,05% (27 siswa). Jadi mengalami peningkatan sebesar 10,53%. Keterampilan siswa dalam menulis naskah drama telah mencapai KKM dengan nilai 64 mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 52,63% (20 siswa), dan siklus II 71,05% (27 siswa). Jadi mengalami peningkatan sebesar 18,42%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Menulis Naskah Drama, Metode Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Aug 2012 06:22 |
Last Modified: | 01 Aug 2012 06:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19399 |
Actions (login required)
View Item |