KUSUMA DEWI, WAHYU (2012) Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tk Pertiwi Pablengan Matesih Karanganyar Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (286kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari “perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), refleksi (reflecting)”. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumenter. Subyek penelitian ini adalah anak dan guru TK Pertiwi Pablengan Matesih Karanganyar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran. Pada siklus I peningkatan nilai rata-rata awal 2,0 menjadi 2,8 dengan prosentase kenaikan 20% dan diperoleh rata-rata penilaian anak dalam pembelajaran interaksi sosial sebesar 70 %”. Pada siklus II peningkatan mencapai nilai 3,8 dengan prosentase kenaikan 26% dan diperoleh rata-rata hasil penilaian pembelajaran kemampuan interaksi sosial anak sebesar 96 %”. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil pembelajaran interaksi sosial anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 50%, siklus I mencapai 70 %, siklus II mencapai 96 %. Kesimpulan dari peneltian ini bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan interaksi sosial anak kelompok B TK Pertiwi Pablengan Matesih Karanganyar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Sosial, Metode Bermain Peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 27 Jul 2012 10:33 |
Last Modified: | 27 Jul 2012 10:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19347 |
Actions (login required)
View Item |