Peningkatan kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Gambar Seri Pada Anak Didik Kelompok B di TK Bhayangkari Tahun Pelajaran 2011/ 2012

SAPUTRO, BONY ELI (2012) Peningkatan kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Gambar Seri Pada Anak Didik Kelompok B di TK Bhayangkari Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (729kB)
[img]
Preview
PDF (Bab1)
03._BAB_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (256kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum dan secara khusus meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode bercerita, untuk mengetahuii peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode cerita gambar seri pada anak didik kelompok B di TK Bhayangkari Kartasura semester II tahun pelajaran 2011/2012 Penelitian ini mengambil lokasi di TK Bhayangkari kartasura. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B dengan jumlah peserta didik 15 anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajarmengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode bercerita gambar seri dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak, Hal ini ditandai dengan prosentase pada indikator menunjukkan beberapa gambar seri yang diminta pada pra siklus diperoleh 57,5%, siklus I 59,16%, siklus II 86,66%, (2) sedangkan pada indikator menghubungkan gambar dengan kata pada pra siklus diperoleh prosentase 38,33%, siklus I 59,16 %, siklus II 88,33%. (3) pada indikator mengurutkan gambar seri dan menceritakan kembali isi cerita pada pra siklus 30,83%, siklus I 65,83%, siklus II 89,16%. (4) membaca beberapa kata sederhana pada pra siklus 39,16%, siklus I 57,5%, siklus II 86,66%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca, permulaan, cerita, gambar seri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 27 Jul 2012 10:14
Last Modified: 27 Jul 2012 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19345

Actions (login required)

View Item View Item