Fuhasari, Nazula Hanum (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menerapkan Metode The Power Of Two Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Trangsan 03 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (478kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab Ii)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL.pdf Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan metode the power of two pada siswa kelas IV SD Negeri Trangsan 03 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Trangsan 03 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang berupa informasi dari guru, dan siswa tentang tindakan yang diterapkan. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data dari hasil observasi, dokumen, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi bumi dan alam semesta. Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelum dilakukan tindakan hanya 30% dan setelah diadakan tindakan pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 65% (mengalami peningkatan sebesar 35% sebelum diadakan tindakan). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 85% (mengalami peningkatan sebesar 25% dari siklus I). Jadi disimpulkan bahwa penggunaan metode the power of two dapat meningkatkan hasil belajar IPA SDN Trangsan 03 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, the power of two. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jul 2012 06:45 |
Last Modified: | 27 Jul 2012 06:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19340 |
Actions (login required)
View Item |