Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menerapkan Teknik Permainan Bahasa Pada Murid Kelas V SD Negeri 2 Banyudono Banyudono Boyolali 2011/2012

PURWANINGGAR, NUGRAHENY (2012) Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menerapkan Teknik Permainan Bahasa Pada Murid Kelas V SD Negeri 2 Banyudono Banyudono Boyolali 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (312kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi dengan menggunakan teknik permainan bahasa pada siswa kelas V SD Negeri 2 Banyudono Boyolali tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, kolaborasi atau kerjasama antara peneliti dan guru. Subyek penelitian ini adalah guru dan 17 siswa kelas V SD Negeri 2 Banyudono Boyolali. Penelitian ini terdiri 2 (Dua) siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk memenuhi validitas data penulis menggunakan validitas instrumen dan validitas data dang didalamnya menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Kondisi awal sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa hanya 7 siswa dari 17 siswa yang mendapatkan nilai yang memenuhi KKM (≥70) atau sebesar 41,17%. Pada pelaksanaan siklus I hasil belajar kemampuan menulis puisi siswa meningkat dari 7 siswa menjadi 12 siswa atau 70,58% yang memenuhi KKM (≥70) dari 17 siswa. Pada pelaksanaan siklus II hasil belajar kemampuan menulis puisi siswa mengalami peningkatan sebesar 17,65% dari siklus I atau dari 12 menjadi 15 siswa menjadi 88,23% yang memenuhi KKM (≥70).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik permainan bahasa dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 2 Banyudono Boyolali tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: teknik permainan bahasa, kemampuan menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2012 06:10
Last Modified: 27 Jul 2012 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item View Item