PURWANINGGAR, NUGRAHENY (2012) Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menerapkan Teknik Permainan Bahasa Pada Murid Kelas V SD Negeri 2 Banyudono Banyudono Boyolali 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (325kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (312kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi dengan menggunakan teknik permainan bahasa pada siswa kelas V SD Negeri 2 Banyudono Boyolali tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, kolaborasi atau kerjasama antara peneliti dan guru. Subyek penelitian ini adalah guru dan 17 siswa kelas V SD Negeri 2 Banyudono Boyolali. Penelitian ini terdiri 2 (Dua) siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk memenuhi validitas data penulis menggunakan validitas instrumen dan validitas data dang didalamnya menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Kondisi awal sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa hanya 7 siswa dari 17 siswa yang mendapatkan nilai yang memenuhi KKM (≥70) atau sebesar 41,17%. Pada pelaksanaan siklus I hasil belajar kemampuan menulis puisi siswa meningkat dari 7 siswa menjadi 12 siswa atau 70,58% yang memenuhi KKM (≥70) dari 17 siswa. Pada pelaksanaan siklus II hasil belajar kemampuan menulis puisi siswa mengalami peningkatan sebesar 17,65% dari siklus I atau dari 12 menjadi 15 siswa menjadi 88,23% yang memenuhi KKM (≥70).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik permainan bahasa dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 2 Banyudono Boyolali tahun 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik permainan bahasa, kemampuan menulis puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jul 2012 06:10 |
Last Modified: | 27 Jul 2012 06:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19336 |
Actions (login required)
View Item |