Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menghargai Keputusan Bersama Melalui Strategi Debat Aktif Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jipangan PKn Materi Tahun Pelajaran 2011/2012 Boyolali

Susilowati, Isnu (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menghargai Keputusan Bersama Melalui Strategi Debat Aktif Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jipangan PKn Materi Tahun Pelajaran 2011/2012 Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (96kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi menghargai keputusan bersama melaluistrategi debat aktif pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jipangan Boyolali Tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksaan,observasi dan refleksi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Jipangan kecamatan Banyudono kabupaten Boyolali beserta guru kelas V sebagai patner kolaborasi dan peneliti sebagai perancang dan pelaku tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar PKn materi menghargai keputusan bersama melalui strategi debat aktif pada siswa kelas V, peningkatan hasil belajar ditandai dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan dari prasiklus, siklus I hingga siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai nilai KKM adalah sebanyak 50% dari jumlah siswa kelas V meningkat 18,75% pada siklus I menjadi 68,75%, pada siklus II siswa yang mencapai KKM yaitu sebanyak 81,25% atau meningkat sebesar 12,5% dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan strategi debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jipangan Boyolali Tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi debat aktif, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2012 05:46
Last Modified: 27 Jul 2012 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19332

Actions (login required)

View Item View Item