Susilowati, Isnu (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menghargai Keputusan Bersama Melalui Strategi Debat Aktif Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jipangan PKn Materi Tahun Pelajaran 2011/2012 Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (261kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (96kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi menghargai keputusan bersama melaluistrategi debat aktif pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jipangan Boyolali Tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksaan,observasi dan refleksi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Jipangan kecamatan Banyudono kabupaten Boyolali beserta guru kelas V sebagai patner kolaborasi dan peneliti sebagai perancang dan pelaku tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar PKn materi menghargai keputusan bersama melalui strategi debat aktif pada siswa kelas V, peningkatan hasil belajar ditandai dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan dari prasiklus, siklus I hingga siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai nilai KKM adalah sebanyak 50% dari jumlah siswa kelas V meningkat 18,75% pada siklus I menjadi 68,75%, pada siklus II siswa yang mencapai KKM yaitu sebanyak 81,25% atau meningkat sebesar 12,5% dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan strategi debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jipangan Boyolali Tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi debat aktif, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jul 2012 05:46 |
Last Modified: | 27 Jul 2012 05:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19332 |
Actions (login required)
View Item |