SAFITRI, DTYAH (2012) Pengaruh Kedisiplinan Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
depan.pdf Download (818kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (125kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta. (2) mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta. (3) Mengetahui pengaruh antara kedisiplinan dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta. (4) Mengetahui variabel yang lebih dominan mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Lokasi penelitian di SD Muhammadiyan 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa sehingga semuanya dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket secara tertutup dengan skala Likert, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi: (1) uji instrumen, terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. (2) Uji prasyarat penelitian, terdiri dari uji normalitas dan linearitas. (3) Uji Hipotesis, terdiri dari uji regresi linear berganda, uji t, uji F, dan sumbangan relatif dan efektif Simpulan: (1) Kedisiplinan berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai thitung > ttabel (3,172 > 2,023) dan ρ-value < 0,05 (0,003 < 0,05). (2) Minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai thitung > ttabel (3,345 > 2,023) dan ρ-value < 0,05 (0,002 < 0,05). (3) Kedisiplinan dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya Fhitung > Ftabel (20,637 > 3,23) dan ρ-value < 0,05 (0,000 < 0,05). (4) Minat belajar berpengaruh lebih dominan dibanding kedisiplinan belajar terhadap belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai koefisien regresi minat belajar sebesar 0,304 lebih besar dari nilai koefisien regresi kedisiplinan sebesar 0,234.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, minat belajar, prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 07:38 |
Last Modified: | 26 Jul 2012 07:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19325 |
Actions (login required)
View Item |