Pengaruh Kedisiplinan Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta

SAFITRI, DTYAH (2012) Pengaruh Kedisiplinan Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
depan.pdf

Download (818kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (125kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta. (2) mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta. (3) Mengetahui pengaruh antara kedisiplinan dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta. (4) Mengetahui variabel yang lebih dominan mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Lokasi penelitian di SD Muhammadiyan 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa sehingga semuanya dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket secara tertutup dengan skala Likert, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi: (1) uji instrumen, terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. (2) Uji prasyarat penelitian, terdiri dari uji normalitas dan linearitas. (3) Uji Hipotesis, terdiri dari uji regresi linear berganda, uji t, uji F, dan sumbangan relatif dan efektif Simpulan: (1) Kedisiplinan berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai thitung > ttabel (3,172 > 2,023) dan ρ-value < 0,05 (0,003 < 0,05). (2) Minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai thitung > ttabel (3,345 > 2,023) dan ρ-value < 0,05 (0,002 < 0,05). (3) Kedisiplinan dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya Fhitung > Ftabel (20,637 > 3,23) dan ρ-value < 0,05 (0,000 < 0,05). (4) Minat belajar berpengaruh lebih dominan dibanding kedisiplinan belajar terhadap belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai koefisien regresi minat belajar sebesar 0,304 lebih besar dari nilai koefisien regresi kedisiplinan sebesar 0,234.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, minat belajar, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2012 07:38
Last Modified: 26 Jul 2012 07:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19325

Actions (login required)

View Item View Item