Listiani, Ana (2012) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Make A Match ( Mencari Pasangan ) Pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Tumbuhan Pada Siswa Kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._halaman_judul.pdf Download (134kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.artikel.pdf Download (50kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak tumbuhan dengan penerapan strategi pembelajaran Make a Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif), sikap keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif). Penelitian ini diawali dengan menerapkan strategi pembelajaran Make a Match dilanjutkan mencari pasangan dan diakhiri post test pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai awal rata-rata hasil belajar siswa 53,84 (24%), Pada siklus I aspek kognitif 69,20 (56%), sedangkan aspek afektif 14 (56%), kategori berminat. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif 81,20 (76%), aspek afektif meningkat menjadi 18 (72%), kategori sangat berminat. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspek Kognitif & Aspek Afektif, Strategi Pembelajaran Make a Match. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 07:08 |
Last Modified: | 26 Jul 2012 07:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19322 |
Actions (login required)
View Item |