Destiningtyas, Indri (2012) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Mediapower Pointuntuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Konsep IPA Pada Siswa Kelas X.E 1 SMK Negeri 1 Cluwak Patitahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (259kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.ARTIKEL.pdf Download (119kB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan strategi, model dan media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan model pembelajaran Numbered Heads Together menggunakan media power point.Model pembelajaran Numbered Heads Together adalah model pembelajaran dengan cara dikelompokkan dan tujuannya memecahkan suatu permasalahan dimana model pembelajaran ini cukup menyenangkan, sehingga dapa tmembuat pelajaran tetap melekat dalam pikiran siswa dan menjadikan belajar tidak terlupakan, sedangkan media power pointadalah suatu alat atau media pembelajaran dimana berisi inti – inti dari suatu materi pelajaran sehingga membuat siswa berinisiatif dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar konsep IPA siswa kelas X.E 1SMK Negeri 1 Cluwak Pati tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together menggunakan media power pointyang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar dikelas X.E 1SMK Negeri 1 Cluwak Pati tahun ajaran 2011/2012. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif produk siswa 55 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 59,06 dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 82,03. Sedangkan untuk perilaku afektif pada siklus I dengan rata-rata 9,40 dengan kriteria cukupberminat dan meningkat pada siklus II menjadi 14,5 dengan kriteria berminat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran Numbered Heads Together menggunakan media power pointdapat memperbaiki proses pembelajaran, hal ini didukung dengan peningkatan keaktifan dan hasil belajar konsep IPA siswa kelasX.E 1SMK Negeri 1 Cluwak Pati tahun ajaran 2011/2012pada materi litosfer.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, hasil belajar, numbered heads together dengan media power point |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 06:52 |
Last Modified: | 26 Jul 2012 06:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19320 |
Actions (login required)
View Item |