Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Melalui Metode Journalist’s Questions Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012

Yuniartanti, Adiani (2012) Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Melalui Metode Journalist’s Questions Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (461kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi melalui metode Journalist’s Questions. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri I Delanggu yang berjumlah 32 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam keterampilan menulis paragraf narasi siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis paragraf narasi yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis sebesar 75% atau 24 siswa dan pada siklus II sebesar 87,5% atau 28 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Journalist’s Questions mampu meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis paragraf narasi, metode Journalists Questions
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Jul 2012 06:28
Last Modified: 26 Jul 2012 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19319

Actions (login required)

View Item View Item