Yuniartanti, Adiani (2012) Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Melalui Metode Journalist’s Questions Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (461kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (290kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi melalui metode Journalist’s Questions. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri I Delanggu yang berjumlah 32 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam keterampilan menulis paragraf narasi siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis paragraf narasi yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis sebesar 75% atau 24 siswa dan pada siklus II sebesar 87,5% atau 28 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Journalist’s Questions mampu meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis paragraf narasi, metode Journalists Questions |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 06:28 |
Last Modified: | 26 Jul 2012 06:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19319 |
Actions (login required)
View Item |