Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Strategi Course Review Horey Menggunakan Media Pohon Pintar Pada Siswa Kelas Vii E Smp N 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012

WIDYASARI, PUTRI (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Strategi Course Review Horey Menggunakan Media Pohon Pintar Pada Siswa Kelas Vii E Smp N 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (BAb V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Keaktifan siswa kelas VII E SMP N 2 Kartasura dengan menerapkan strategi pembelajaran Course Review Horey dengan media pohon pintar, 2) Hasil belajar siswa kelas VII E SMP N 2 Kartasura dengan menerapkan strategi pembelajaran Course Review Horey dengan media pohon pintar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Course Review Horey yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan keaktifan siswa dalam bertanya pada siklus II mencapai 60,63%, menjawab pertanyaan mencapai 58,13%, menanggapi jawaban teman mencapai 56,25%, dan tunjuk jari mencapai 67,50% , 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai > 70 sebelum tindakan sebanyak 28 siswa (70%), dan mencapai 40 siswa (100%) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan strategi pembelajaran Course Review Horey dengan media pohon pintar dapat meningkatkan keaktifan siswa, 2) Penerapan strategi pembelajaran Course Review Horey dengan media pohon pintar dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Course Review horey, media pohon pintar, keaktifan, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 25 Jul 2012 10:56
Last Modified: 25 Jul 2012 10:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19311

Actions (login required)

View Item View Item