Penerapan Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)

Sadewa, Yoga (2012) Penerapan Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (295kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar Segi Empat melalui strategi pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Murni 1 Surakarta yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah minat dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat dan hasil belajar matematika meliputi: 1) antusias mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 77,4 %, putaran I 87,5 %, dan putaran II 91,4 %, 2) antusias mengerjakan soal sebelum tindakan 61,3 %, putaran I 75 %, dan putaran II 82,9%, 3) antusias mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 16,1 %, putaran I 21,8 %, dan putaran II 31,4 %, 4) antusias mengemukakan ide/gagasan sebelum tindakan 12,9 %, putaran I 18,7 %, dan putaran II 22,8 %, 5) siswa yang nilainya lebih dari sama dengan KKM sebelum tindakan 83,9 %, putaran I 90,6 %, dan putaran II 94,3 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Student Facilitator And Explaining dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, hasil belajar, student facilitator and explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Jul 2012 06:25
Last Modified: 25 Jul 2012 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19299

Actions (login required)

View Item View Item