Permanasari, Dyah Wahyu (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Student Facilitator And Explaining Pada Siswa SMP Negeri 2 Geyer Tahun Ajaran 2011/2012 ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Geyer Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (312kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (242kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VII A, yang dilaksanakan dalam 2 putaran. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VII A SMP Negeri 2 Geyer sebagai pemberi tindakan, serta siswa kelas VIIA yang berjumlah 30 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif memakai metode alur yang terdiri dari: 1) reduksi data; 2) penyajian data; 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam 1) Antusiasme siswa dalam menjawab dan mengajukan pertanyaan sebelum melakukan tindakan 26,7% putaran 1 meningkat 36,7%, putaran 2 meningkat menjadi 66,7%; 2) Antusisme siswa dalam mengemukakan pendapat/ide sebelum melakukan tindakan 6,7% pertemuan 1 meningkat menjadi 30%, pertemuan 2 meningkat menjadi 50% dan 3) Antusiasme siswa dalam mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 10%, pertemuan 1 meningkat menjadi 50%, pertemuan 2 meningkat menjadi 76,7%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, Student Facilitator and Explaining |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 05:59 |
Last Modified: | 25 Jul 2012 05:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19296 |
Actions (login required)
View Item |