Setyawan, Atik (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Metode Guided Note Taking (Catatan Terbimbing) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kemuning Ngargoyoso Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (549kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (262kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (463kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking pada siswa kelas V SD Negeri 03 Kemuning Ngargoyoso tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Kemuning Ngargoyoso tahun pelajaran 2011/2012yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking pada siswa kelas V SD Negeri 03 Kemuning dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 75% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 90%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | catatan terbimbing, hasil belajar siswa, metode pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Jul 2012 09:40 |
Last Modified: | 24 Jul 2012 09:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19284 |
Actions (login required)
View Item |