Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Metode Guided Note Taking (Catatan Terbimbing) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kemuning Ngargoyoso Tahun Pelajaran 2011/2012

Setyawan, Atik (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Metode Guided Note Taking (Catatan Terbimbing) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kemuning Ngargoyoso Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (549kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (463kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking pada siswa kelas V SD Negeri 03 Kemuning Ngargoyoso tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Kemuning Ngargoyoso tahun pelajaran 2011/2012yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking pada siswa kelas V SD Negeri 03 Kemuning dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 75% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 90%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: catatan terbimbing, hasil belajar siswa, metode pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jul 2012 09:40
Last Modified: 24 Jul 2012 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19284

Actions (login required)

View Item View Item