Wijayati, Yeyen Arista (2012) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan Tahun 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER_DAN_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (359kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_SKRIPSI.pdf Download (166kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang variasi gaya mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang variasi gaya mengajar dosen dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan tahun 2009/2010 yang telah menempuh 108 SKS sebanyak 232 mahasiswa dengan jumlah sampel 139 mahasiswa yang diambil dengan tekhnik simple random sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif, dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut: Y= 2,373 + 0,016 X1 + 0,024 X2 artinya prestasi belajar dipengaruhi persepsi mahasiswa tentang variasi gaya mengajar dosen dan motivasi belajar. Berdasar hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) persepsi mahasiswa tentang variasi gaya mengajar dosen berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan SPSS dengan nilai probabilitas uji t untuk variabel persepsi tentang variasi gaya mengajar dosen (X1) sebesar 0,000 sehingga nilai probabilitas < taraf signifikasi atau 0,000 < 0,05 (2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan SPSS dengan nilai probabilitas uji t untuk variabel motivasi belajar (X2) sebesar 0,009 sehingga nilai probabilitas < taraf signifikasi atau 0,009 < 0,05 (3) persepsi tentang variasi gaya mengajar dosen dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai probabilitas sebesar 0,008 sehingga nilai probabilitas < taraf signifikasi atau 0,008 < 0,05 (4) Hasil perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa ada kontribusi persepsi tentang variasi gaya mengajar dosen terhadap prestasi belajar adalah sebesar 9,88% sedangkan kontribusi motivasi belajar adalah sebesar 28,12% sehingga total sumbangan persepsi tentang variasi gaya mengajar dosen dan motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi belajar adalah sebesar 38%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Mahasiswa tentang Variasi Gaya Mengajar Dosen, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jul 2012 07:52 |
Last Modified: | 18 Jul 2012 07:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19210 |
Actions (login required)
View Item |