Budiyarsi, Novia (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIE melalui Strategi Pembelajaran Dengan Pembuatan Peta Konsep Pada Materi Gerak Tumbuhan SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (175kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil kognitif belajar siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Colomadu pada materi Gerak Pada tumbuhan Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan strategi pembelajaran Peta Konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Peta Konsep yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknis analisis data dengan menggunakan penilaian afektif dan kognitif dalam siklus I dan siklus II.Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa awal nilai rata-rataafektif pada siklus I yaitu 10 (cukup berminat) meningkat menjadi 17,61 (sangat berminat). Nilai rata-rata kognitif 46,3 (8,82%) meningkat menjadi 62,6 (47,05%) pada siklus I dan 79,6 (100%) pada siklus II.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi pembelajaran Peta Konsep dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Colomadu tahun Pelajaran 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar kognitif dan afektif, peta konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 06:42 |
Last Modified: | 17 Jul 2012 06:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19198 |
Actions (login required)
View Item |