Setyowati, Bani (2012) Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Kegiatan Bimbingan Konseling Dan Lingkungan Keluarga Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Giritontro, Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (423kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (443kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kegiatan bimbingan konseling terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 1 Giritontro tahun ajaran 2011/2012; 2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 1 Giritontro tahun ajaran 2011/2012; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kegiatan bimbingan konseling dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 1 Giritontro tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Giritontro. Sampel diambil sebanyak 60 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 96,334 + 0,408X1 + 0,585X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kegiatan bimbingan konseling dan lingkungan keluarga. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kegiatan bimbingan konseling terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Giritontro tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,335 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan efektif sebesar 10,1%; 2) Ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Giritontro tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,438 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001, dengan sumbangan efektif sebesar 11,4%; 3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kegiatan bimbingan konseling dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Giritontro tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 7,789 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,215 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara persepsi siswa tentang kegiatan bimbingan konseling dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar adalah sebesar 21,5% sedangkan 78,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa Tentang Kegiatan Bimbingan Konseling, Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 11 Jul 2012 06:45 |
Last Modified: | 11 Jul 2012 08:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19161 |
Actions (login required)
View Item |