Rachmawati, Betty (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Joyfull Learning Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (381kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (29kB) |
Abstract
Pengulangan dan kurangnya variasi strategi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar menyebabkan kejenuhan dan kebosanan, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Joyfull Learning Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rerata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 66,28 dari nilai awal sebesar 58,72; sedangkan nilai rerata afektif sebesar 3,18 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rerata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 66,79 dari siklus I dengan 66,28; sedangkan nilai rerata afektif meningkat menjadi 3,52 (termasuk kategori berminat). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran Joyfull Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Joyfull Learning, Hasil Belajar (Kognitif dan Afektif) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 09 Jul 2012 07:12 |
Last Modified: | 09 Jul 2012 07:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19152 |
Actions (login required)
View Item |