Karisma, Dhanu Andy (2012) Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Dengan Konseling Trait And Factor Pada Kelas I SD Negeri Kedungmulyo Jakenan Pati Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (823kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (151kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya mengatasi kesulitan membaca dengan konseling individual dengan Pendekatan Trait and Factor pada siswa kelas I SD Negeri Kedungmulyo Jakenan Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Lokasi penelitian di SD Negeri Kedungmulyo dan dilaksanakan pada bulan Febuari – Maret 2012. Bentuk penelitian mengikuti Paradigma kualitatif dengan menggunakan studi kasus yang bersifat deskriptif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Subyek penelitian yaitu siswa kelas I SD Negeri Kedungmulyo Jakenan Pati yang mengalami kesulitan membaca dengan obyek penelitian mengatasi kesulitan membaca. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Triangulasi data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kelas 1 SD Negeri Kedungmulyo Jakenan Pati terdapat dua siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca yaitu Khoirul Fataurrohman dan Dimal Kharim Ahmad. Kesulitan belajar yang dihadapi siswa adalah tidak bias membedakan huruf b dan dan d serta kurang mampu membaca dua suku kata, contoh: ba-, bo-, be-, bi. Konseling trait and factor digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar membaca dari siswa tersebut dan dari hasil penelitian diketahui bahwa pendidikan konseling trait and factor dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas 1 SD Negeri Kedungmulyo telah berhasil dengan baik, di mana siswa telah mampu membedakan huruf b dan d, u dan y serta mampu mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata dan kata dengan kalimat yang sederhana. Berdasarkan hal tersebut maka penggunaan konseling trait and factor mampu mengatasi kesulitan belajar pada siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode trait and factor,kesulitan membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 05 Jul 2012 05:35 |
Last Modified: | 05 Jul 2012 08:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19136 |
Actions (login required)
View Item |