Rustiana, Tinna (2012) Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau Dari Orang Tua Siswa Perantau Dengan Orang Tua Siswa Pemukim Pada Siswa SMP Negeri 1 Tanon, Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (397kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (447kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Tanon, Sragen bagi siswa yang orang tuanya perantau dan siswa yang orang tuanya pemukim. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Tanon, Sragen yang kedua orang tuanya perantau dan yang kedua orang tuanya pemukim sebanyak 238 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa yang orang tuanya perantau dan 30 siswa yang orang tuanya pemukim. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data orang tua siswa perantau dan orang tua siswa pemukim diperoleh melalui wawancara, sedangkan data prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis Independent Sample t Test yang sebelumnya dilakukan uji normalitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) prestasi belajar siswa yang orang tuanya pemukim yaitu 80,53 dan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang orang tuanya perantau yaitu 77,55, sedangkan dilihat dari hasil pengujian Independent Sample t Test diperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,726 > 2,002 pada taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa yang orang tuanya perantau dan siswa yang orang tuanya pemukim.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Orang Tua Siswa Perantau dan Orang Tua Siswa Pemukim |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 07:10 |
Last Modified: | 28 Jun 2012 07:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19112 |
Actions (login required)
View Item |