Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Artikulasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Borongan Polanharjo Klaten Tahun Ajaran 2011/ 2012

Paramita, Alinda (2012) Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Artikulasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Borongan Polanharjo Klaten Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (510kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_LINDA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_LINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_LINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Borongan yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari:reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang mencapai ketuntasan sebelum tindakan sebesar 64,70% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 76,47%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 94,11% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada kelas V SD Negeri 2 Borongan Polanharjo Klaten tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: artikulasi, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:16
Last Modified: 27 Jun 2012 12:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19097

Actions (login required)

View Item View Item