Yuniastanti, Denny (2012) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia menggunakan Strategi Index Card Match dengan Media Torso Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (200kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_skripsi.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil proses pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 pada pokok materi sistem ekskresi pada manusia melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dengan media torso. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus terakhir dimana siklus terakhir merupakan hasil peningkatan yang mencapai 80% dari jumlah siswa menggunakan strategi Index Card Match dengan media torso, dimana analisis ini melalui metode alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan disetiap siklus. Pada siklus 1, rata-rata kelas dari hasil belajar kognitif siswa adalah 72,71 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM (75) adalah 54,17% (13 siswa), hasil belajar pada aspek afektif yang mencapai nilai rata-rata 3 adalah 41,67% (10 siswa), hasil belajar psikomotorik yang mencapai nilai rata-rata 3 sebesar 41,67% (10 siswa). Pada siklus II hasil pembelajaran meningkat, yaitu rata-rata kelas dari hasil belajar kognitif siswa meningkat menjadi 84,38 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM (75) sebesar 91,67% (22 siswa), hasil belajar pada aspek afektif yang mencapai nilai rata-rata 3 meningkat menjadi 87,5% (21 siswa) serta hasil belajar psikomotorik yang mencapai nilai rata-rata 3 juga meningkat sebesar 83,3% (20 siswa). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Index Card Match dengan media torso dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A420/2012-29 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Index Card Match, media torso, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 20 Jun 2012 08:51 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 10:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19078 |
Actions (login required)
View Item |