Wahyuni, Sri (2012) Hubungan Antara Konsep Diri Akademik dan Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Judul.pdf Download (231kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (281kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui:1)Hubungan antara konsep diri akademik dan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar; 2)Hubungan konsep diri akademik dengan prestasi belajar; 3)Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar, 4) tingkat konsep diri akademik dan kecerdasan emosi dan prestasi belajar. Hipotesis yang diajukan: 1)Ada hubungan antara konsep diri akademik dan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar; 2)Ada hubungan positif antara konsep diri akademik dengan prestasi belajar; 3) Ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar. Subjek penelitian siswa-siswi SMP Walisongo Sragen berjumlah 69 siswa, dengan rincian kelas VIIA 22 siswa, kelas VIIB 20 siswa, kelas VIIIA 13 siswa dan kelas VIIIB 14 siswa. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri akademik, skala kecerdasan emosi dan data dokumentasi prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dua prediktor dan stepwise. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri akademik dan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar. Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri akademik dengan prestasi belajar. Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar. Subjek penelitian secara umum memiliki konsep diri akademik tinggi, kecerdasan emosi tergolong sedang dan prestasi belajar pada siswa-siswa SMP Walisongo Sragen tergolong baik Peneliti lain yang bermaksud menjadikan tesis sebagai referensi diharapkan untuk memperbaharui aspek-aspek atau indikator yang digunakan sebagai alat ukur (skala), dan perlu mempertimbangkan untuk merekonstruksi ulang teori-teori yang kurang relevan dengan variabel yang diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep diri akademik. kecerdasan emosi, prestasi belajar, SMP Walisongo Sragen |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 06:45 |
Last Modified: | 06 Jun 2012 11:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19052 |
Actions (login required)
View Item |