Purwanti, Hestining Erna (2012) Pengelolaan Guru Sekolah Standar Nasional (Studi Situs SMP Negeri 1 Grobogan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Judul.pdf Download (186kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (140kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengelolaan guru dalam bidang akademik di SMP Negeri 1 Grobogan, dan (2) pengelolaan guru dalam bidang non akademik di SMP Negeri 1 Grobogan. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Grobogan, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi berpartisipasi, dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengelolaan guru dalam bidang akademik di SMP Negeri 1 Grobogan dilakukan dalam berbagai kegiatan, mulai dari perencanaan guru, perencanaan dan rekruitmen guru, penugasan guru, dan pembinaan guru. Kegiatan perencanaan kebutuhan guru dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan guru pada tahun ajaran baru. Rekruitmen guru mencakup guru tidak tetap dan guru tetap. Rekruitmen guru dilakukan melalui jalur penerimaan guru yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Grobogan. Penugasan guru dijabarkan dalam job discription yang dibuat oleh kepala sekolah Pembinaan guru berupa keikutsertaan guru dalam kegiatan MGMP Kabupaten, MGMP intern (khusus guru yang mempunyai partner), kegiatan workshop, pendidikan dan pelatihan, rapat-rapat dinas dan supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, dan supervisi klinis Pembinaan guru melalui supervisi dilakukan dengan menilai perencanaan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. (2) Pengelolaan guru dalam bidan non akademik di SMP Negeri 1 Grobogan dilakukan oleh kepala sekolah dalam upaya peningkatan komeptensi guru khususnya peningkatan kompetensi profesional dan kompetensi sosial, melalui kegiatan workshop. Kegiatan MGMP merupakan kegiatan non akademik yang harus dilakukan oleh setiap guru dalam rangka pengembangan profesionalis guru, dalam kegiatan tersebut berbagai permasalahan di bahas sesuai dengan mata pelajaran masing-masing, serta bagaimana mengembangkan mata pelajaran tertentu baik melalui metode, penggunaan media pembelajaran maupun pelaksanaan evaluasi. Pengelolaan di bidang non akademik diarahkan agar guru mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan berbagai kesulitan yang dihadapi guru, dan sebagai upaya peningkatan kualifikasi pendidikan dilakukan oleh kepala sekolah dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti berbagai program yang dicanangkan oleh pemerintah.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, guru, akademik, non akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:45 |
Last Modified: | 06 Jun 2012 11:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19045 |
Actions (login required)
View Item |