Tukirin, Tukirin (2012) Manajemen Pembelajaran Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Falah Simo Kabupaten Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Muka.pdf Download (90kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial budaya dan sosial keagamaan masyarakat Simo Kabupaten Boyolali, bagaimana manajemen pembelajaran yang dibangun SDIT Al-Falah serta bagaimana pelaksanaan dan implikasinya terhadap keberhasilan pendidikan yang dicapai. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Falah Simo Kabupaten Boyolali, dengan alasan sekolah tersebut walaupun tergolong baru, banyak prestasi yang dicapai baik akademik maupun non akademik karena dengan penerapan manajemen pembelajaran yang modern dan Islami sehingga diminati oleh masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang dalam memperoleh data melalui wawancara, pengamatan secara langsung dan pengkajian dokumen yang ada. Analisis yang dipakai menggunakan teknik diskriptif analitik, dengan fokus penelitian keadaan sosial budaya dan sosial kegamaan masya rakat Simo Kabupaten Boyolali, manajemen pembelajaran yang dibangun SDIT Al-Falah serta pelaksanaan dan implikasinya terhadap keberhasilan pendidikan yang dicapai. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan : pertama , Kecamatan simo berpenduduk mayoritas muslim dan dikenal sebagai kota pelajar Kecamatan, hal ini ditandai dengan adanya lembaga pendidikan mulai Taman Kanak-kanak hingga perguruan tinggi yang ada di wilayah Simo. Dengan demikian sangat perlu adanya lembaga pendidikan atau sekolah yang dihara pkan oleh masyarakat mampu menjawab tantangan zaman, mampu mencetak manusia yang pintar dan mempunyai akhlak yang terpuji. Kedua, manajemen pembelajaran yang dibangun oleh SDIT Al-Falah Simo adalah manajemen pembelajaran modern dan Islami, artinya bahwa aktifitas pembelajaran yang diterapkan mengaplikasikan manajemen modern yang dilandasi dengan nilai-nilai serta akhlak Islami sebagaimana visi dan misi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Falah. Ketiga, manajemen pembelajaran yang dibangun oleh SDIT Al-Falah Simo Kabupaten Boyolali ternyata sangat efektif, sehingga banyak keberhasilan pendidikan yang dicapai baik akademik maupun non akademik..
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 06 Jun 2012 12:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19044 |
Actions (login required)
View Item |