Manajemen Pembelajaran Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Falah Simo Kabupaten Boyolali

Tukirin, Tukirin (2012) Manajemen Pembelajaran Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Falah Simo Kabupaten Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Muka.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial budaya dan sosial keagamaan masyarakat Simo Kabupaten Boyolali, bagaimana manajemen pembelajaran yang dibangun SDIT Al-Falah serta bagaimana pelaksanaan dan implikasinya terhadap keberhasilan pendidikan yang dicapai. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Falah Simo Kabupaten Boyolali, dengan alasan sekolah tersebut walaupun tergolong baru, banyak prestasi yang dicapai baik akademik maupun non akademik karena dengan penerapan manajemen pembelajaran yang modern dan Islami sehingga diminati oleh masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang dalam memperoleh data melalui wawancara, pengamatan secara langsung dan pengkajian dokumen yang ada. Analisis yang dipakai menggunakan teknik diskriptif analitik, dengan fokus penelitian keadaan sosial budaya dan sosial kegamaan masya rakat Simo Kabupaten Boyolali, manajemen pembelajaran yang dibangun SDIT Al-Falah serta pelaksanaan dan implikasinya terhadap keberhasilan pendidikan yang dicapai. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan : pertama , Kecamatan simo berpenduduk mayoritas muslim dan dikenal sebagai kota pelajar Kecamatan, hal ini ditandai dengan adanya lembaga pendidikan mulai Taman Kanak-kanak hingga perguruan tinggi yang ada di wilayah Simo. Dengan demikian sangat perlu adanya lembaga pendidikan atau sekolah yang dihara pkan oleh masyarakat mampu menjawab tantangan zaman, mampu mencetak manusia yang pintar dan mempunyai akhlak yang terpuji. Kedua, manajemen pembelajaran yang dibangun oleh SDIT Al-Falah Simo adalah manajemen pembelajaran modern dan Islami, artinya bahwa aktifitas pembelajaran yang diterapkan mengaplikasikan manajemen modern yang dilandasi dengan nilai-nilai serta akhlak Islami sebagaimana visi dan misi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Falah. Ketiga, manajemen pembelajaran yang dibangun oleh SDIT Al-Falah Simo Kabupaten Boyolali ternyata sangat efektif, sehingga banyak keberhasilan pendidikan yang dicapai baik akademik maupun non akademik..

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 06 Jun 2012 12:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19044

Actions (login required)

View Item View Item