Muhardi, Muhardi (2011) Profesionalisme Guru Di SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (43kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (81kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) karakteristik profesionalisme guru melalui pelaksanaan tugas, (2) karakteristik profesionalisme guru melalui responsi dan (3) karakteristik profesionalisme guru melalui perkembangan diri di SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bidang kurikulum dan guru di SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis model interaktif yaitu mengumpulkan data secara terus menerus sampai tuntas hingga datanya jenuh. Tahap-tahap analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data meliputi validitas internal, validitas eksternal, ketergantungan, dan kepastian. Hasil dari penelitian ini pertama, karakteristik profesionalisme guru melalui pelaksanaan tugas adalah hadir sebelum jam 07.00 WIB dan meninggalkan sekolah setelah jam 14.00 WIB, memberikan tugas kepada siswa saat berhalangan hadir, mengajar sesuai bidang atau pun serumpun, dan mengikuti PLPG. Kedua, karakteristik profesionalisme guru melalui responsi adalah menyelesaikan masalah bidang studi melalui MGMP, menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengikuti kegiatan seminar maupun studi banding, memanfaatkan alat peraga dan media yang ada, memanfaatkan strategi dan model pembelajaran yang bervariasi dan terpusat pada siswa, proses pembelajaran dilakukan dengan CTL dan PAIKEM, memanfaatkan sumber bacaan dari berbagai buku, atau pun artikel, guru membuat perencanaan pengajaran berupa silabus, Program Tahunan, Program Semester, RPP, KKM dan perangkat lainnya sebelum melaksnakan tugas mengajar, meksanakan evaluasi pembelajaran mulai dari proses, mid semester, semester dan tugas terstruktur, Ketiga, karakteristik profesionalisme guru melalui pengembangan diri adalah: guru bertindak sebagai fasilitator, siswa dianggap sebagai subyek didik sekaligus obyek didik di dalam pembelajaran, pemanfaatan multimedia, laboratorium kusus guru IPA dan bahasa dengan baik, pengembangan diri guru yang dilakukan dengan membuat artikel, jurnal, Penelitian Tindakan Kelas atau pun buku belum bisa dilaksanakan, guru membimning kegiatan ekstrakurikuler (rebana, musik, tari, KIR, PMR, pramuka, MTQ/BTA, bola volly, basket, bimbingan belajar, dan BK); guru mengadakan kegiatan jam pelajaran tambahan bagi kelas IX khusus mata pelajaran EBTANAS, merupakan karakteristik profesionalisme guru di SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme guru, Pelaksanaan tugas, Responsi, Pengembangan diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 09:38 |
Last Modified: | 05 Jun 2012 09:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19041 |
Actions (login required)
View Item |