Wahyuni, Sri (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Mutu Pembelajaran (Studi Situs di SD Negeri Kunden 1 Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1_cover_lengkap.pdf Download (63kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_final.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_final.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_final.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_final.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_final.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_VI_final.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_final.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
DAFTAR_PUSTAKA_final.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik kepemimpinan kepala sekolah. Secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik aktivitas hubungan kerja Kepala Sekolah dengan guru, karakteristik aktivitas hubungan kerja Kepala Sekolah dengan orang tua murid dan Komite Sekolah di SD Negeri Kunden 1 Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kunden 1 Blora. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 1) wawancara mendalam, 2) observasi dan, 3) dokumentasi. Analisis data menggunakan situs tunggal yang dapat digunakan selama atau sesudah pengumpulan data. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil dari penelitian adalah 1) Kepala sekolah menjalankan tugas sebagai pemimpin dan guru, berkoordinasi dengan guru kelas IV, V dan VI dalam menentukan jadwal pelajaran, menjadi teladan, memberi motivasi, berkomunikasi dan mengevaluasi kinerja guru, merekrut tenaga pendidik tambahan dan melakukan pembagian kerja pada guru 2) Siswa berasal dari lingkungan sekitar sekolah, latar belakang sosial ekonomi yang tergolong sejahtera, dari keluarga yang sama, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan sekolah memantau minat dan bakat siswa 3) Sekolah mempunyai ruang kelas dengan fasilitas yang memadai, meminjamkan buku pegangan kepada siswa, menggunakan alat peraga dan teknologi dalam pembelajaran dan mempunyai perpustakaan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Saran dalam penelitian ini adalah 1) Kepala sekolah agar dapat berkoordinasi dan menjalin kerja sama dengan guru, berkomunikasi dengan orang tua murid, dan merencanakan pengelolaan pendidikan bersama-sama dengan Komite Sekolah 2) Guru agar dapat menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia dalam kegiatan pembelajaran, 3) Peneliti lainnya agar melakukan penelitian lanjutan tentang kepemimpinan kepala sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepala sekolah, guru, siswa, saran dan prasarana. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 08:12 |
Last Modified: | 05 Jun 2012 08:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19037 |
Actions (login required)
View Item |