Kontribusi Pelayanan Akademis, Sarana Prasarana, Dan Administrasi Terhadap Motivasi Belajar Materi Memperbaiki Sistem Rem (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) Pembangunan Nasional Sukoharjo)

NUGROHO , AGUS (2012) Kontribusi Pelayanan Akademis, Sarana Prasarana, Dan Administrasi Terhadap Motivasi Belajar Materi Memperbaiki Sistem Rem (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) Pembangunan Nasional Sukoharjo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Muka.pdf

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui kontribusi pelayanan akademis terhadap motivasi belajar siswa ;2) mengetahui kontribusi pelayanan sarana prasarana terhadap motivasi belajar siswa; 3) meng etahui kontribusi pelayanan administrasi terhadap motivasi belajar siswa; dan 4) Mengetahui kontribusi secara simultan variabel pelayanan akademis, pelayanan sarana prasarana, dan pelayanan administrasi terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pembangunan Nasional Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK)Pembangunan Nasional Sukoharjo Tahun pelajaran 2010/2011. Pop ulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang mengikuti pelajaran Perbaikan Sistem Rem Otomotif di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pembangunan Nasional Sukoharjo yang jumlahnya 120 orang . Seluruh populasi akan diambil beberapa responden sebagai sampel penelitian.Definisi operasional dalam teknik Pengumpulan data penelitian ini adalah pelayanan akademik (X1), pelayanan sarana prasarana (X 2), pelayanan administrasi (X3) dan motivasi belajar (X 4). Teknik Analisis data dengan menggunakan Uji instrumen penelitian, Uji hipotesis, Uji asu msi klasik dan Sumbangan prediktor . Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Hasil uji secara parsial variabel pelayanan akademismenunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil uji t, bahwa variabel pelayana n akademis diperoleh thitungsebesar = 2,117 dan t tabel pada n 71 dan a 5% adalah 1,994, sehingga t hitung > ttabel maka Ho ditolak, berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel pelayanan akademis terhadap motivasi belajar ; (2) Hasil uji secara parsial variabel pelayanan sarana prasarana menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil uji t, bahwa variabel pelayanan sarana prasarana diperoleh t hitung= 2,032 dan t tabel =1.99 4 maka t hitung > t tabel, sehingga Ho ditolak, berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel pelayanan sarana prasarana terhadap motivasi belajar; (3) Hasil uji secara parsial variabel pelayanan administrasi menunjukkan pengaruh yang signifikan terha dap motivasi belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil uji t, bahwa variabel pelayanan administrasi diperoleh t hitung sebesar = 2,051 dan t tabel = 1,994 maka t hitung > t tabel,sehingga Ho ditolak, berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel pela yanan administrasi terhadap motivasi belajar; dan (4) D iantara pengaruh pelayanan akademis, pelayanan sarana prasarana, dan pelayanan administrasi terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)Pembangunan Nasional Sukoharjo, pengaruh variabel yang paling besar adalah pelayanan akademis . Hal ini itunjukkan dari nilai sumbangan efektif sebesar 28,8%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Akademis, Pelayanan Sarana Prasarana, Pelayanan Administrasi, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2012 10:52
Last Modified: 04 Jun 2012 11:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item View Item