Suladi, Slamet (2012) Pembelajaran Keterampilan Menulis di Kelas VIII SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_TESIS.pdf Download (50kB) |
|
|
PDF (Bab I)
TESIS_BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
TESIS_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab III)
TESIS_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
TESIS_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
PDF (Bab V)
TESIS_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN_TESIS.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis di kelas VIII SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati; (2) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis di kelas VIII SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati; dan (3) mengetahui upaya guru Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati dalam mengatasi kesulitan-kesulitan pembelajaran menulis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus (kualitatif), yang mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi, (2) dokumentasi, dan (3) wawancara mendalam. Sumber data diperoleh dari peristiwa, dokumen, dan informan. Peristiwa yang dimaksud adalah proses pembelajaran keterampilan menulis di kelas VIII. Dokumen yang dimaksud adalah yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis, yaitu: isi KTSP, silabus, RPP, alat penilaian.. Informan terdiri atas: guru, kepala sekolah, dan siswa kelas VIII. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis model Interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) pembelajaran keterampilan menulis di kelas VIII SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran yang dibuat guru, penampilan guru meyakinkan, dan siswa merasa senang, (2) kesulitan-kesulitan pembelajaran keterampilan menulis di kelas VIII SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati meliputi: (a) kesulitan menulis huruf kapital, (b) kesulitan menulis ejaan dan tanda baca, (c) kesulitan dalam memilih kata/ diksi, (d) kesulitan mengembangkan ide/ gagasan, dan (e) kesulitan menyusun kalimat efektif, dan (3) upaya-upaya mengatasi kesulitan-kesulitan pembelajaran keterampilan menulis di kelas VIII SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati meliputi: (a) membiasakan latihan menulis, (b) meningkatkan kegiatan membaca, (c) melihat contoh-contoh tulisan, (d) menambah waktu untuk kegiatan pembelajaran keterampilan menulis, dan (e) banyak bertanya kepada guru atau berdiskusi dengan teman. Kata
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, keterampilan menulis, kesulitan, upaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Jun 2012 08:10 |
Last Modified: | 04 Jun 2012 13:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18996 |
Actions (login required)
View Item |