Tardi, Tardi (2012) Pengelolaan Program Keahlian Teknik Pemesinan (Studi Situs di SMK Binawiyata Sragen). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (313kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (298kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan karakteristik pengelolaan kurikulum program keahlian teknik pemesinan di SMK Binawiyata Kabupaten Sragen. (2) Mendeskripsikan karakteristik kompetensi guru program keahlian teknik pemesinan di SMK Binawiyata Kabupaten Sragen, dan (3) Mendeskripsikan karakteristik tata letak ruang pembelajaran program keahlian teknik pemesinan di SMK Binawiyata Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dan dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian ini adalah di SMK Binawiyata Sragen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Uji keabsahan data atau memeriksa kebenaran data digunakan cara pengamatan yang terus-menerus, trianggulasi, dan membicarakan dengan orang lain atau rekan sejawat. Hasil penelitian: (1) Tujuan kurikulum program keahlian teknik pemesinan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada didunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah dalam bidang Teknik Pemesinan atau memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang teknik pemesinan, dengan kompetensi: (a) Menjelaskan: dasar kekuatan bahan & komponen mesin, prinsip dasar kelistrikan & konversi energi, proses dasar perlakuan logam, (b) Menggunakan: perkakas tangan, perkakas bertenaga/operasi digenggam, peralatan pembanding dan/atau alat ukur dasar, (c) Melakukan pekerjaan dengan mesin frais, bubut, gerinda dan mesin bubut (kompleks), (d) Mengeset, memprogram & mengoperasikan mesin CNC (dasar). (2) Guru pada SMK Binawiyata Kabupaten Sragen Program Keahlian Teknik Pemesinan berjumlah 30 guru termasuk guru agama dan olah raga, kesemuanya telah memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat atau sarjana yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan/diampu. Kompetensi guru meliputi: kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. (3) Ruang pembelajaran program keahlian teknik pemesinan terdiri dari ruang teori dan ruang praktik, ditata sesuai dengan fungsi ruang masing-masing. Ruang praktik ditata agar berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran: pekerjaan logam dasar, pengukuran dan pengujian logam, membubut lurus, bertingkat, tirus, ulir luar dan dalam, memfrais lurus, bertingkat, roda gigi, menggerinda-alat, dan pengepasan/pemasangan komponen. Penataan ruang praktik diletakkan terpisah dengan ruang teori.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan kurikulum, kompetensi guru, tata letak ruang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 31 May 2012 06:12 |
Last Modified: | 31 May 2012 06:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18962 |
Actions (login required)
View Item |