Misron, Misron (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Matematika Di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (300kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (306kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru matematika di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong. (2) Untuk mengetahui peningkatan mutu guru matematika di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong dalam melaksanakan proses pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dan dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian: (1) Upaya kepala sekolah SMK Muhammadiyah 6 Gemolong untuk meningkatkan kemampuan guru matematika dalam mengelola pembelajaran dilakukan dengan cara: memberikan pembinaan secara kontinyu, melakukan supervisi klinis, mengikut sertakan guru dalam seminar, memberi kesempatan guru untuk mengadakan workshop intern, dan MGMP mata diklat (mata pelajaran), membantu guru dalam mempersiapkan RPP, memberikan motivasi kepada guru untuk memodifikasi bahan ajar, memanfaatkan media pembelajaran dan teknologi. Untuk meningkatkan kemampuan mutu guru dalam kompetensi kepribadian, Kepala sekolah memberikan keteladanan, memberikan contoh kepada guru untuk selalu memperhatikan siswa, sehingga guru dapat memahami perilaku individu setiap siswa. (2) Peningkatan mutu guru matematika dalam melaksanakan proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah dengan melakukan pengawasan terhadap kebersihan lingkungan kelas dan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran, memfasilitasi keperluan guru dalam pengembangan bahan ajar, meningkatkan pemanfaatan media pembelajaran, meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode poembelajaran, pengembangan bahan ajar, memberikan kesempatan kepada guru untuk melakukan berbagai workshop, dan mengawasi proses evaluasi. Pengawasan proses pembelajaran matematika dilakukan kepala sekolah berdasarkan laporan hasil ulangan. Bagi siswa yang belum mencapai KKM, kepala sekolah mewajibkan Guru matematika memberikan remediasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan kepala sekolah, mutu guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 May 2012 11:23 |
Last Modified: | 30 May 2012 11:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18959 |
Actions (login required)
View Item |