Pengelolaan Supervisi Pembelajaran Pendidikan Dasar (Studi Etnografi di Sekolah Dasar Negeri 1 Karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan)

Warsih, Warsih (2012) Pengelolaan Supervisi Pembelajaran Pendidikan Dasar (Studi Etnografi di Sekolah Dasar Negeri 1 Karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (320kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Pengelolaan administrasi supervisi pembelajaran di SD Negeri 1 Karangrayung Kecamatan Karangrayung. (2) Hubungan kerja guru dengan supervisor dalam supervisi pembelajaran di SD Negeri 1 Karangrayung Kecamatan Karangrayung. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Seting penelitian di SD Negeri 1 Karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Sumber data menggunakan peristiwa atau aktivitas dan arsip dan dokumen. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk deskripsi. Uji keabsahan data dengan uji kredibilitas data dan kepercayaan terhadap data hasil penelitian yang dilakukan dengan cara triangulasi. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Administrasi supervisi dikelola oleh kepala sekolah sebagai seorang supervisor. Kepala sekolah menyiapkan format instrumen supervisi, buku pembinaan, buku catatan supervisi dan data supervisi/pembinaan sebelumnya. Untuk persiapan pelaksanaan kegiatan supervisi kepala sekolah juga melakukan kesepakatan bersama guru. Hal itu dilakukan agar para guru dapat mempersiapkan yang akan disupervisi dengan optimal. (2) Hubungan antara supervisor dengan guru adalah hubungan kolegial yang sederajat dan bersifat interaktif. Hubungan semacam ini lebih dikenal sebagai hubungan antara tenaga profesional berpengalaman dengan yang kurang berpengalaman, sehingga terjalin dialog profesional yang interaktif dalam suasana yang akrab dan terbuka. Isi dialog bukan pengarahan atau instruksi dari supervisor/pengawas melainkan pemecahan masalah pembelajaran. Diskusi antara supervisor dan guru bersifat demokratis. Kepala Sekolah tidak mendominasi pembicaraan serta memiliki sifat keterbukaan untuk mengkaji semua pendapat yang dikemukakan di dalam pertemuan tersebut. Pada akhirnya keputusan ditetapkan atas persetujuan bersama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, supervisi, hubungan kerja guru dengan supervisor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2012 05:48
Last Modified: 30 May 2012 14:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18932

Actions (login required)

View Item View Item