Prihatin, Habib Adnan (2012) Analisis Pengembangan Kurikulum Di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (380kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (150kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (240kB) |
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan kurikulum Sekolah Islam Terpadu di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Sukoharjo. Kurikulum sekolah dalam penelitian ini dikaji dalam dua dimensi, yang meliputi: 1) kondisi objektif dari kurikulum di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar pada saat ini, 2) Pengembangan kurikulum di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar apabila ditinjau dari kajian teoritis kurikulum. Penelitian ini disajikan dalam metode kualitatif. Oleh karena itu, data dianalisis dan diinterpretasikan dalam mode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Sukoharjo pada bulan Oktober-Februari tahun 2011/2012. Penulis mengambil tiga komponen sebagai sumber data dalam penelitian ini: 1) peristiwa (Kegiatan Belajar Mengajar guru dan siswa di dalam kelas), 2) informan yang dianggap mengetahui permasalahan penelitian ini, dan 3) dokumen tertulis. Instrumen pengumpulan data adalah observasi yang tidak mengganggu atau naturalistik, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan model analisis interaktif yang mencakup tiga komponen utama, yaitu reduksi data, tampilan data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa secara kurikulum Sekolah Islam Terpadu di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar ini mengkombinasikan kurikulum nasional dan kurikulum berbasis lokal sebagai kurikulum terpadu. Hal ini diatur dalam beberapa komponen kunci dari kurikulum yakni tujuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum, dan strategi pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya, pengembangan kurikulum dilakukan pada setiap komponen dengan memperhatikan dasar, prinsip-prinsip, arah dan tujuan dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Kurikulum juga diarahkan untuk materi kecakapan hidup siswa serta pada keunggulan berbasis lokal dan global. Pengembangan kurikulum ini, yang disusun berdasarkan kebutuhan masyarakat tersebut sudah selaras dengan konsep pendidikan Muhammadiyah.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, komponen, manajemen, dan pengembangan kurikulum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 May 2012 05:38 |
Last Modified: | 30 May 2012 14:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18931 |
Actions (login required)
View Item |