ROSYID , ANWAR (2012) Pengelolaan Sekolah Berbasis Religi (Studi Situs di SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan Kabupaten Magelang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Microsoft_Word_-_halaman_depan.pdf Download (130kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Microsoft_Word_-_BAB_I.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Bab II)
Microsoft_Word_-_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
Microsoft_Word_-_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab IV)
Microsoft_Word_-_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab V)
Microsoft_Word_-_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab VI)
Microsoft_Word_-_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Microsoft_Word_-_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Lampiran)
Microsoft_Word_-_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
Microsoft_Word_-_naskah_publikasi.pdf Download (203kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sekolah berbasis religi khususnya mendeskripsikan karakteristik SD Muhammadiyah Gunungpring, mendeskripsikan ciri-ciri pengelolaan program kegiatan keagamaan, dan mendeskrepsikan ciri-ciri aktivitas warga sekolah di SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnogarfi. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan Kabupaten Magelang. Nara sumber dalam penelitian adalah kepala sekolah, koordinator kegiatan, dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan pencermatan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis tertata dalam situs, dengan model interaktif yang diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data meliputi tingkat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependabibility), dan kepastian (confirmability) Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) Karakteristik SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan antara lain pelaksanaan kurikulum madrasah diniyah di sore hari. Program ini dilaksanakan mulai kelas III sampai dengan kelas V. SD ini juga melaksanakan program tadarus bersama di pagi hari. Program ini meliputi pembelajaran Iqra’, tilawah dan hafalan juz Amma, serta tadarus Al Quran mulai dari kelas I sampai kelas VI. Karakteristik yang lain adalah praktik shalat dhuha serta shalat dhuhur dan shalat ashar berjamaah. Yang tidak kalah pentingnya adalah penanaman nilai-nilai keagamaan dalam setiap pembelajaran dan pembiasaan nilai-nilai agama dalam setiap perilaku. (2) Program keagamaan di SD Muhammadiyah Gunungpring telah dikelola secara baik dengan melibatkan semua elemen sekolah. (3) Aktivitas warga sekolah SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan sebagai sekolah berbasis religi selalu mengutamakan penanaman nilai-nilai keagamaan kepada anak didiknya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan sekolah, sekolah berbasis agama, pendidikan keagamaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 29 May 2012 10:36 |
Last Modified: | 29 May 2012 10:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18916 |
Actions (login required)
View Item |