Rahmawati, Rina (2012) Kontribusi Layanan Bimbingan Kelompok Komunikasi Antar Pribadi Konsep Diri Terhadap Interaksi Sosial Di Sekolah Pada Siswa kelas VII SMPN Di Kecamatan Punung Pacitan Tahun Pelajaran 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (77kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah adakontribusi layanan bimbingan kelompok, komunikasi antar pribadi, dan konsep diri terhadap interaksi sosial di sekolah pada siswa kelas VII SMPN di Kecamatan Punung Pacitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat non eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPNdi Kecamatan Punung Pacitan dengan jumlah 413. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 187. Penentuan sampling penelitian ini dengan sampel random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil Penelitian ini adalah (1). Terdapat kontribusi Layanan Bimbingan Kelompok (X1), Komunikasi Antar Pribadi (X2) dan Konsep Diri (X3) secara bersama-sama atau serentak berpengaruh dan signifikan terhadap Interaksi Sosial (Y). Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji F dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, Dari hasil analisis data diperoleh nilai R² sebesar 0,319 berarti variabel Layanan Bimbingan Kelompok (X1), Komunikasi Antar Pribadi (X2) dan Konsep Diri (X3) secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel Interaksi Sosial (Y) sebesar 31,9%. Sedangkan sisanya 69,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. (2) Terdapat kontribusi Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Interaksi Sosial pada siswa kelas VII SMP Ndi Punung Pacitan, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas 0,032 < 0,05, dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 2,15%. (3) Terdapat kontribusi Komunikasi Antar Pribadi terhadap Interaksi Sosial pada siswa kelas VII SMPNdi Kecamatan Punung Pacitan, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas 0,000 < 0,05, dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 26,10%. (4) Terdapat kontribusi Konsep Diri terhadap Interaksi Sosial pada siswa kelas VII SMP N di Kecamatan Punung Pacitan, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas 0,012 < 0,05, dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 4,15%. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi tidak mengalami bias atau masalah asumsi klasik (normalitas, lieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas) sehingga dapat dinyatakan BLUE (Best, Linier, Unbiased, Estimator).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Rak Q100/2012-01 |
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan kelompok, komunikasi antar pribadi, konsep diri, interaksi sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 May 2012 06:19 |
Last Modified: | 31 Jul 2012 06:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18900 |
Actions (login required)
View Item |