DWIRETNOWATI, EVI (2012) Pengelolaan Program Pengayaan Dalam Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMP Negeri 1 Donorojo Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (102kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (275kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_FOTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Cover)
JUDUL.pdf Download (169kB) |
Abstract
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan program pengayaan dalam persiapan menghadapi ujian Nasional di SMP Negeri 1 Donorejo Pacitan. (2) mendeskripsikan pelaksanaan program pengayaan dalam persiapan menghadapi ujian Nasional di SMP Negeri 1 Donorejo Pacitan. (3) Mendeskripsikan hasil program pengayaan dalam persiapan menghadapi ujian Nasional di SMP Negeri 1 Donorejo Pacitan. Jenis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dan dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil lokasi di Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Donorojo Pacitan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, metode dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model analisis lintas situs. Rancangan yang digunakan adalah rancangan situs ganda. Hasil penelitian: (1) Sumber-sumber bahan ajar diantaranya berupa buku teks, laporan hasil penelitian, jurnal (hasil penelitian dan pemikiran ilmiah yang dimuat dari berbagai media), dari praktisi, Buku kurikulum, Penerbitan berkala seperti harian, mingguan, dan bulanan, Internet, Media audiovisual (TV, Video, VCD, kaset audio, Lingkungan (alam, sosial, senibudaya, teknik, industri, ekonomi). (2) Program pengayaan berfungsi memberikan pemahaman, dimana guru maupun siswa akan memahami tentang langkah yang telah dilakukan oleh guru, apakah langkah yang telah dilakukan perlu diperbaiki atau tidak. Melalui program pengayaan guru diharapkan dapat menyadari akan kekurangannya, sehingga baik guru maupun siswa harus membuka diri untuk melihat kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran selanjutnya berusaha untuk merubahnya sehingga akan memperoleh hasil yang lebih baik. Namun tidak semua guru mau mengakui akan kekurangannya. (3) Aktivitas siswa dalam program pengayaan dilakukan guru dengan memberikan kesempatan kepada siswa menjadi tutor sebaya, mengembangkan latihan praktis dari materi yang sedang dibahas, membahas masalah, atau mengerjakan permainan yang harus diselesaikan siswa. Pemberian pembelajaran pengayaan pada hakikatnya adalah pemberian bantuan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan lebih, baik dalam kecepatan maupun kualitas belajarnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Additional Information: | RAK Q100/2012-12 |
Uncontrolled Keywords: | perencanaan, pelaksanaan, hasil program pengayaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 28 May 2012 11:33 |
Last Modified: | 31 Jul 2012 06:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18890 |
Actions (login required)
View Item |