Manajemen Sekolah Berbasis Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa Di SDN 2 Candimulyo Magelang

Rahayu, Rahayu (2012) Manajemen Sekolah Berbasis Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa Di SDN 2 Candimulyo Magelang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (585kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bba IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (99kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) karakteristik sumber daya tenaga kependidikan dalam peningkatan mutu pembelajaran siswa di SDN 2 Candimulyo Magelang. (2) karakteristik Strategi peningkatan mutu pembelajaran siswa di SDN 2 Candimulyo Magelang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Candimulyo Magelang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, dan guru di lingkungan SDN 2 Candimulyo Magelang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) Pengumpulan Data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1). Sumber daya tenaga kependidikan dalam peningkatan mutu pembelajaran siswa di SDN 2 Candimulyo Magelang memiliki kompetensi profesional. Dalam melakukan pembelajarannya, guru SDN 2 Candimulyo Magelang menggunakan prinsip student center dengan menggunakan metode pembelajaran inovatif yang dilengkapi dnegan penggunaan media pembelajaran. Guru aktif dalam mengikuti program peningkatan komptensi seperti KKG, Pelatihan-pelatihan, dan kelanjutan study. IPTEK telah dikuasai oleh guru SDN 2 Candimulyo Magelang yang terlihat dari kemampuannya dalam menggunakan internet dan penggunan LCD dalam pembelajaran. Siswa SDN 2 Candimulyo Magelang diajak mengikuti kegiatan perlombaan baik akademik maupun non akademik. (2) Strategi peningkatan mutu pembelajaran siswa di SDN 2 Candimulyo Magelang dilakukan dnegan memperhatikan berbagai aspek yaitu input, proses, dan output. Strategi yang dilakukan dari aspek input dengan melakukan kegaitan seleksi dalam progarm PPDB yang meliputi seleksi umur, tes tertulis, dan wawancara. Strategi yang dilakukan dari aspek proses adalah penerapan pola kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, membuat kebijakan lingkungan yang tertib dan nyaman, membudayakan ”Budaya Sadar”, melengkapi fasilitas dan membangun hubungan kerja sama dengan pihak luar, pembuatan program inovasi seperti kewajiban guru dalam membuat PTK, melakukan proses pembelajaran dengan sistem CBSA, serta memberdayakan masyarakat belajar. Startegi yang dilakukan dalam aspek output adalah melakukan kegaitan evaluasi secararutin baik untuk guru dan siswa dan dilakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen, sekolah, mutu, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2012 11:38
Last Modified: 28 May 2012 11:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item