Rahayu, Rahayu (2012) Manajemen Sekolah Berbasis Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa Di SDN 2 Candimulyo Magelang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (585kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bba IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (99kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) karakteristik sumber daya tenaga kependidikan dalam peningkatan mutu pembelajaran siswa di SDN 2 Candimulyo Magelang. (2) karakteristik Strategi peningkatan mutu pembelajaran siswa di SDN 2 Candimulyo Magelang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Candimulyo Magelang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, dan guru di lingkungan SDN 2 Candimulyo Magelang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) Pengumpulan Data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1). Sumber daya tenaga kependidikan dalam peningkatan mutu pembelajaran siswa di SDN 2 Candimulyo Magelang memiliki kompetensi profesional. Dalam melakukan pembelajarannya, guru SDN 2 Candimulyo Magelang menggunakan prinsip student center dengan menggunakan metode pembelajaran inovatif yang dilengkapi dnegan penggunaan media pembelajaran. Guru aktif dalam mengikuti program peningkatan komptensi seperti KKG, Pelatihan-pelatihan, dan kelanjutan study. IPTEK telah dikuasai oleh guru SDN 2 Candimulyo Magelang yang terlihat dari kemampuannya dalam menggunakan internet dan penggunan LCD dalam pembelajaran. Siswa SDN 2 Candimulyo Magelang diajak mengikuti kegiatan perlombaan baik akademik maupun non akademik. (2) Strategi peningkatan mutu pembelajaran siswa di SDN 2 Candimulyo Magelang dilakukan dnegan memperhatikan berbagai aspek yaitu input, proses, dan output. Strategi yang dilakukan dari aspek input dengan melakukan kegaitan seleksi dalam progarm PPDB yang meliputi seleksi umur, tes tertulis, dan wawancara. Strategi yang dilakukan dari aspek proses adalah penerapan pola kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, membuat kebijakan lingkungan yang tertib dan nyaman, membudayakan ”Budaya Sadar”, melengkapi fasilitas dan membangun hubungan kerja sama dengan pihak luar, pembuatan program inovasi seperti kewajiban guru dalam membuat PTK, melakukan proses pembelajaran dengan sistem CBSA, serta memberdayakan masyarakat belajar. Startegi yang dilakukan dalam aspek output adalah melakukan kegaitan evaluasi secararutin baik untuk guru dan siswa dan dilakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen, sekolah, mutu, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 May 2012 11:38 |
Last Modified: | 28 May 2012 11:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18887 |
Actions (login required)
View Item |