Warsiyati, Siti (2012) Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Di SDIT Al Muhajirin Sawangan Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
atribut_Siti_warsiati.pdf Download (197kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Siti_Warsiati.pdf Download (264kB) |
Abstract
Ada tiga tujuan dalam ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik nilai pendidikan karakter dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SDIT Al Muhajirin Sawangan Magelang. (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik aktivitas guru pendidikan karakter dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SDIT Al Muhajirin Sawangan Magelang. (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik aktivitas siswa pendidikan karakter dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SDIT Al Muhajirin Sawangan Magelang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al Muhajirin Sawangan Magelang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) Pengumpulan Data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Nilai pendidikan karakter dalam membentuk akhlakul karimah siswa SDIT Al Muhajirin Sawangan Magelang diberikan dalam bentuk terinegrasi dalam kegiatan pembelajaran dan juga program kegiatan yang diselenggarakan sekolah. Nilai-nilai yang diberikan tersebut meliputi nilai religius, jujur, disiplin, toleransi, mandiri, dan perilaku santun. Adapun program sekolah yang mendukung pendidikan karakter dalam membentuk akhlakul karimah adalah program tadarus Alqur’an, kantin kejujuran, program pembiasaan, pesantren romadlon, penyelenggaraan latihan kurban, serta kegiatan ekstarkurikuler. (2) Guru SDIT Al Muhajirin Sawangan Magelang aktif dalam kegiatan pendidikan karakter dalam pembentukan akhlakul karimah siswa. Guru menggunakan gabungan 3 metode dalam kegiatan pembelajaran yaitu metode induksi, perbandingan, dan juga metode dialog. Guru melakukan pendidikan langsung seperti menjadi teladan dan memberikan reward untuk menanamkan nilai religius, kejujuran, toleransi, mandiri, dan disiplin terhadap siswa. Guru memberikan hukuman mendidik bagi siswa yang tidak menunjukkan sikap akhlakul karimah. (3) Siswa SDIT Al Muhajirin Sawangan Magelang aktif dalam penyelenggaraan pendidikan karakter dalam pembentukkan akhlakul karimah. Siswa melakukan setiap tahap kegiatan seperti dalam program pembelajaran, pembiasaan, ekstrakurikuler, dan keagamaan. Dalam proses pembelajaran siswa belajar akan nilai religius seperti pembacaan ayat Alqur’an. Dalam proses pembiasaan siswa belajar nilai santun dan tanggung jawab. Dalam kegiatan ekstrakurikuler siswa belajar nilai kemandirian dan kedisiplinan terutama dalam kegiatan pramuka dan marching band. Dalam program keagamaan siswa belajar toleransi terutama dalam kegiatan zakat fitrah dan kurban.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter, akhlakul karimah, nilai, aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 May 2012 06:57 |
Last Modified: | 28 May 2012 14:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18861 |
Actions (login required)
View Item |